[Motor]

kendaraan ini marak ditemui, di jalan raya hingga gang-gang. Jumlah mereka yang  menjamur, kerap jadi solusi untuk memiliki kendaraan pribadi tanpa merogoh kocek lebih dalam. Selain itu 'katanya' bisa selap-selip dikala macet.
______

Tapi ada juga motor tipe Cruiser dan Sport yang harganya ditaksir atau melebihi harga mobil tipe City Car, karena aku bukan pecinta ataupun ahli, mending kita cerita tentang pengalaman umum belajar motor. Kalau mau yang benar tanya sama ahlinya. 
______

Sama seperti orang umumnya, sebelum belajar motor. Ada satu hierarki yang harus dikhatamkann, yaitu belajar sepeda. Katanya untuk belajar keseimbangan. Sampai sekarang masih misteri bagiku. 
______

Mulai belajar motor setelah Ujian Nasioal (UN) Sekolah Dasar, katanya harus sampai dulu baru boleh belajar motor. Dulu sebelum berangkat sekolah. Waktu itu dua SD, pernah iseng mau coba tuntun motor, motor belum jalan eh sudah jatuh. Walhasil cubitan melayang ke badan. 
______

Cuma butuh waktu 1 hari sudah lancar bawa motor, belajarnya sekitaran rumah karena jalannya lurus, motor ku pacu  dari ujung gang ke gang dengan lancar. Namun untuk mencoba jalan tanjakan dan turunan butuh waktu seminggu untuk mencoba melewatinya, kalau ditanya kenapa, jawabannya simple karena takut 🤣🤣
______

Karena penakut, aku menjadi paling cupu. Kalau jalan selalu ditinggal karena aku lamban, terus masa SMP bisa standing dan ngapsul menjadi salah satu hal keren dimasa itu, pernah juga belajar buat standing tapi karena ketinggian jadi takut lagi buat coba.
_______

Kukipir masa norak sebagai pengguna motor  berhenti di SMP, ternyata SMA aku juga pernah norak. Bagiku memiliki sim adalah hal yang didambakan, karena bisa jalan  dengan tenang tanpa takut ada razia. Apalagi jarak sekolah sama rumah cukup jauh, masa iya pulang jalan kaki sampai rumah. 
_______

Waktu itu pas pulang sekolah, kebetulan ada  razia, aku masuk kedalam dengan perasaan menantang karena ada sim. Pas di tanya kelengkapan "bisa liat surat-suratnya" tanya Petugas, buka dompet, pas dicek sim ada, kok STNKnya beda. Sambil senyum bilang "Pak nda bawa STNK". 

Komentar