ikhlas

[Cerita 1]
Sepanjang tahun tahun 2019, mungkin ini kata yang paling banyak mengema. Pada tahun sebelumnya juga muncul, tapi masih tak hirau seperti angin lalu. Namun tahun ini seperti muncul bak hantu yang menampakkan diri tiba-tiba. 

Sebelumnya gampang sekali mulut ini mengeluarkan kalimat "coba ikhlas", "kamu kurang ikhlas deh", "belum rezeki, ikhlasin aja", dan banyak lainnya.

Semakin kesini, entah terpikir. Kalau sedang diposisi mereka apakah aku bisa cepat untuk ikhlas. Atau jangan-jangan kalimat diatas  yang terucap sebagai jalan pintas, agar aku tidak mendengar keluh kesah mereka.

Tahun 2019, jadi laboratorium dari kata  'ikhlas' itu sendiri. Ketika sedang dalam keadaan tidak baik, ada semacam bisikan untuk mengingat lagi petuah yang kamu berikan pada sekitarmu. 

Kalau sudah teringat, cuma bisa terduduk diam.  sambil sambat. 

Selain gampang mengucap, ikhlas. Aku juga belajar Sematang apapun yang  jadwalkan yang dibuat, konsep yang tertata, perjanjian yang sudah disepakati. Dapat berubah dengan  kemungkinan yang kadang tidak masuk di akal. 

Kalau sudah terjadi, cuma duduk diam. Sambil sambat. 

Tidak  berhenti ditahun itu, atau peristiwa itu, mungkin ini yang dinamakan long live learning. Mengarungi tahun yang baru akan berbeda memakai kata 'ikhlas'.

@30haribercerita
#30haribercerita 
#30HBC2001

Komentar